Saturday, July 11, 2009

Pembantu Rumah

Baru-baru ini pemerintah Indonesia bilang ndak mau sudah benarkan rakyatnya bekerja sebagai pembantu rumah di Malaysia kan? kan? Isunya .. ramai yang jadi korban keganasan majikan. Kesian jugalah mereka itu. Udah penat kerja; nyapu, ngepel, nyuci kain, jemur kain, angkat kain, lipat kain .. malah kadang-kadang buka kain! Waduh ... gawat!!

Pada pendapat akulah .. aku rasa isteri majikan sebenarnya yang ndak tahan dengan kewujudan pembantu rumah dari Indonesia di rumah mereka. Lantas lama-lama mereka membenci para pembantu rumah itu dan mulalah memukul mereka dsb. Bukannya kerna para pembantu rumah itu malas atau ndak pandai bekerja; malah sebenarnya terlalu efficient dalam meladeni keluarga mereka .. termasuk suami mereka!! Aku sering dong bikin pemerhatian sendiri keadaan keluarga di Malaysia sekarang ini. Selain suami, isteri juga bekerja di kantor .. malah ada yang position mereka di kantor lebih tinggi daripada sang suami. Lama-lama mereka sudah biasa memberikan arahan di kantor kepada karyawan bawahan mereka, sehingga kalau di rumah sudah rasa terhina kalau menerima arahan dari suami! Kalo suami minta kopi .. disuruh bikin sendiri. Suami mau ditemenin nonton TV .. isteri pula sibuk dengan tugas penting yang dibawa pulang dari kantor. Suami mau #%$&, isteri pula sudah capek alias penat! Bayangin dong siksanya sang suami memendam perasaan!

Nah .. dengan adanya pembantu rumah dari Indonesia, si suami ndak rasa kesunyian lagi. Sering saja ditanya oleh pembantu, "Bang, mau kopi ya? Saya bikin ya?" .. "Bang, bajunya udah saya sedia'in .. tu ada atas katil" .. "Bang, ibu belum pulang ya? Mau saya temenin nonton TV?" Dan yang lebih gawat lagi, "Bang, kok murung terus? Kepalanya pusing ya? Saya pijitin ya?" Naaah ... isteri mana yang bisa tahan kalo suaminya udah seneng sama pembantu? Salah siapa kok sebenarnya?

Dulu aku juga pernah ada pembantu rumah dari Indonesia. Orang Jawa. Namanya mbak Sumiati. Pinter masak. Pinter bikin segala macam kerja di rumah, sangat prihatin ... dan rajin banget! Aku cukup puas hati dengan servis-nya. Tapi yang bikin sebel .. baru satu minggu kerja sudah dipecat oleh bini aku!! Aku pun ndak tau kenapa! Teganya dia memecat pembantu yang begitu rajin dan bekerja dengan baik! Kasian deh! Ntah di mana mbak Sumiati sekarang.

Di bawah ini fotonya mbak Sumiati .. yang pada waktu itu sedang cuci kain di rumah aku. Kalo anda tau di mana dia berada sekarang, tolong kasi tau aku ya? Aku kangen banget dong sama dia.

Sumiati

16 comments:

  1. waduh Pak Mur...biar bener sumiati ni pembantu rumah kamu..saya lagi dag dig dug melihat nya...hehehehe

    PRAMUJA

    ReplyDelete
  2. Pak Pramuja ..
    Kalo bapak bisa dag dig dug jantungnya hanya karna melihat fotonya mbak Sumiati, bayangin dong gimana jadinya gua apabila melihat orangnya sendiri, lagi cuci kain! Bisa copot dong jantung gua!!

    ReplyDelete
  3. Pantasan aja isteri Pak Mur nggak senang ama mbak Sumiati...seksi banget

    ReplyDelete
  4. Makanya kalo istri-istri nggak seneng suaminya nengok wanita lain .. harus sentiasa kelihatan cantik untuk suami!! Bukan hanya pake make-up dan kelihatan cantik dan sexy untuk orang lain! Iya nggak?

    ReplyDelete
  5. o iya jelas Pak Mur..para istri seharusnya punya ketrampilan yang menarik untuk suami..lebih-lebih lagi suami kayak kita ini...hehehehe

    PRAMUJA

    ReplyDelete
  6. "suami kayak kita" itu apa maksudnya Pak Pramuja?

    Ganteng? Konservatif? Romantis? Keker? Hehehehehehehehehehe!!!

    ReplyDelete
  7. maksud saya Pak Mur..suami yang senang lihat yang cantik-cantik dan indah-indah belaka...hehehe...kren gitu lu

    PRAMUJA

    ReplyDelete
  8. waduh...kalau ada sumiati jadi pembantu rumah (bibik) bisa berantakan siiii...ngak tahan dong..malar minta cuti aja dirumah..

    ReplyDelete
  9. waduh Pak Mur...kok paras wajahnya sumiati kok iras2 abby abadi..waduuuhhh...kok bisa tercabut jantung gue dong...ini macam,lama-kelamaan jadi bini..bukannya orang gaji...tiap Raya,balik Jakarta pun ngak apa.asal bahagia dong Pak Mur...hehehe...
    -Azroy

    ReplyDelete
  10. Pak Mur,Tapi ngak semua bibik cantik macam sumiati dong! kalau cantik ibarat sumiati,mana mau tangannya kasar..paling2 kerjanya di Kelab Malam..Lihat aja kelab Dangdut,atau tmpt hiburan...yang jadi pembantu rumah,kerepot2 dong pak mur,...Pak Mur, ada nggak gadis manis rupanya iras2 Bunga Cinta Lestari yang mau jadi bibik dirumah saya? bisa tolong cari in ngak?

    ReplyDelete
  11. Pak Mur,Sumiatinya ada Paspor nggak? kalau ngak ada paspornya,saya bisa jamin dong....waduuuuhhhh...pastinya sumiati anak kelahiran Menado ni...kalau nggak,Balik Papan...aduuuhhhh....bisa berdarah hidung gue dibuatnya...tolong Pak Murrrrrrr....
    -Pak Azroy

    ReplyDelete
  12. Kalian sih seenaknya aja ngomong pasal mbak Sumiati. Gue lagi mikirin ni di mana dia sekarang. Kasian deh! Apa masih single kayak dulu-dulu ato sudah double! Kalo dia udah bersuami .. bahagia dong tu orang!! Pasti setiap hari makan jamu nyonya meneer!!

    ReplyDelete
  13. agaknya, mbak miati sudah ada yang punya dong Pak Mur...jangan difikirin lagi,biarkan aja mbak miati...mudah-mudahan mbak miati,bahagia bersama pasangannya..amiiiiinnnn...Pak Mur, apakah Pak Mur bisa kasi pandangan atau pendapat yang mana lebih elok.adakah lebih baik menggaji orang dari seberang (ibarat mbak miati yang bisa buat gue berdarah hidung!) atau orang-orang kita sendiri(Keluarga,saudara mara atau rakyat malaysia)...ayuh Pak Mur, teruskan Nulis...
    -Pak Azroy-

    ReplyDelete
  14. hello....
    saya boleh buat komen ke? sekadar memberi pendapat dan pandangan....bagi saya, ada juga kebaikan untuk menggaji orang seberang sebagai pembantu rumah dan ada juga keburukkannya...
    Kebaikkannya....orang seberang kalau diambil sebagai pembantu rumah, mereka akan berkerja dengan baik, tapi perlu kena jamin tau...(tapi ada juga yang pandai main ular...pengalaman gue...mami punya pembantu rumah dulu-dulu, bah)terutama bagi pembantu rumah yang agak berumur....setia mereka tu.
    keburukkannya, kalau pembantu rumah seperti mbak sumiati....faham-faham sajalah...rumah yang aman jadi huru-hara...kalau tidak buat hal dengan tuan rumah A keliling majikan...pembantu rumah tersebut akan lari bersama dengan teman lelakinya. Ada juga yang meninggalkan anak majikan sendirian di rumah..untuk bertemu dengan pacarnya...kalau ada apa-apa berlaku dengan anak asuhannya, macam mana? Majikan juga yang susah...ya kan? iya kan?
    Tapi....kalau kita ambil pembantu rumah warganegara....pun agak payah juga....susah mau cari yang betul-betul kerja sebagai pembantu rumah. Bayangkan, datang pagi tengahari, sudah berhenti....yang lebih teruk, pagi datang, besok lesap dengan barang kemas, anak asuhan dibiarkan sendirian dalam rumah.....
    serba salah jugakan?.....
    Pak Mur......tukar dong tajuknya....cari topik lain ba....cerita pasal mbak sumiati saja.......kesian deh gue...

    ReplyDelete
  15. aduh pak seksi amat si itu pembantu rumatangganya ...pentas dong dipecat...bikin gara-gara eja..bisa-bisa anoh..berantakan

    ReplyDelete
  16. heheh pakmur saye dari pak slamet dari jawa timur indonesia, cuma mau bilang......
    mmmmmmmmm.........
    apa yan???????//
    bingung juga nich....
    kita orang, siapapun kita, harus menjadi baik, majikan yang baik, suami yang baik, istri yang baik, dan pembantu yang baik, insya allah, akan baik pula kehiudpan kita, doakan saya juga jadi orang baik ya pak mur?

    ReplyDelete